E-commerce (Elektronik Commerce) atau dalam bahasa indonesia Perdagangan Secara Elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik. e-commerce sendiri makian kian berkembang beberapa tahun belakangan ini dan secara perlahap menggantikan toko tradisional ( Offline ).
Pengertian E-commerce menurut para ahli
Dengan berbagai definisi tentang E-commerce. Maka, beberapa ahli yang menjelaskan tentang apa itu E-commerce adalah sebagai berikut :
Kalakota dan Whinston
Menurut mereka Pengertian E-commerce adalah aktivitas beIanja online dengan menggunakan jaringan internet dan cara transaksinya melaIui transfer uang secara digital. meninjau pengertian E-Commerce dari empat perspektif, yaitu :
- Perspektif komunikasi, E-Commerce ialah sebuah proses pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui komputer ataupun peralatan elektronik lainnya.
- Perspektif proses bisnis, E-Commerce merupakan sebuah aplikasi dari suatu teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
- Perspektif layanan, E-Commerce ialah suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, manajemen, dan konsumen untuk mengurangi biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman
- Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual produk atau barang serta informasi melalui layanan internet maupun sarana online yang lainnya
Loudon
Menurut Loudon pengertian E-Commerce adalah suatu proses transaksi jual beli yang dilakukan oleh pembeli dan penjual secara elektronik dari perusahaan ke perusahaan lain. Dalam transaksi tersebut menggunakan komputer sebagai perantaranya.
Shely Cashman
Menurut Shely Cashman E-commerce merupakan transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik, seperti internet.
Jony Wong
Menurut Jony Wong pengertian dari electronic commerce adalah pembelian, penjualan dan pemasaran barang / jasa melaIui sistem elektronik.
McLeod Pearson
Menurut McLeod Pearson Perdagangan elektronik atau yang disebut juga e-commerce, adalah pelaksanakan proses bisnis dengan memanfaatkan jaringan komunikasi dan komputer.
Jenis – jenis E-Commerce
Berikut beberapa jenis E-Commerce yang paling sering lakukan, antara lain :
E-commerce consumer to consumer (C2C)
Jenis e-commerce c2c ini dilakukan antara konsumen dengan konsumen. Misalnya, konsumen dari suatu produsen akan menjual kembali produk ke konsumen lainnya. Kalau Anda sering menggunakan Tokopedia, Bukalapak, OLXdan sejenisnya, maka inilah yang dinamakan B2C e-commerce.
E-commerce business to business (B2B)
Jenis bisnis B2B ini dilakukan oleh orang atau pihak yang saling berkepentingan dalam menjalankan bisnis, di mana keduanya saling mengenal dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan.
Biasanya, jenis B2B dilakukan secara berkelanjutan karena kedua belah pihak saling mendapatkan keuntungan dan adanya kepercayaan satu sama lain. Contoh dari bisnis B2B adalah ketika dua perusahaan mengadakan transaksi jual beli secara onine, begitu juga dengan pembayaran yang tersedia menggunakan kartu kredit.
E-commerce consumer to business (C2B)
Jenis C2B adalah bisnis antara konsumen dan produsen. Bisnis tersebut dilakukan oleh konsumen kepada para produsen yang menjual produk atau jasa. Sebagai contoh, konsmen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang diinginkan secara online kepada para produsen. Nantinya, produsen yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan konsumen.
E-commerce business to consumer (B2C)
Jenis e-commerce B2C adalah dilakukan oleh pelaku bisnis dan konsumen. Transaksi e-commerce ini terjadi layaknya jual-beli biasa. Konsumen mendapatkan penawaran produk dan melakukan pembelian secara online. Sebagai contoh, produsen menjual produk ke konsumen secara online.
Di sini, pihak produsen akan menjalankan bisnis dengan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali. Artinya, produsen hanya memasarkan produk atau jasa, sementara pihak konsumen hanya sebagai pembeli atau pemakai.
Metode Pembayaran E-Commerce
Untuk masalah pembayaran, ada beberapa metode yang sering digunakan dalam E-Commerce, yaitu :
Pembayaran Elektronik
Pembayaran dengan metode ini menggunakan internet banking, kartu kredit/debit, atau dengan uang digital yang sudah beredar seperti Go-Pay, Ovo, Link aja, Dana, Dan lainnya.
Pembayaran Cash On Delivery ( Cash On Delivery )
Transaksi pembayaran dengan metode ini dilakukan secara langsung. Jadi Penjual dan Pembeli akan bertemu sesuai dengan kesepakatan ( bisa juga dengan bantuan perantara kurir ), setelah menerima barang, pembeli membayarkan uang secara tunai kepada pihak Penjual. Pembayaran menggunakan metode ini juga dapat meminimalisir terhadap penipuan secara online.
Pembayaran lewat Transfer
Pihak pembeli akan mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening penjual. setelah membayar, barang baru akan dikirim oleh penjual melalui jasa pengiriman.
Manfaat E-Commerce
Berikut beberapa mamfaat alasan mengapa e-commerce merupakan pilihan yang menarik bagi para pengusaha :
- Menghemat Waktu
- Pembeli lintas Wilayah
- Mampu meningkatkan market exposure
- Mampu meningkatkan customer loyality
- Mampu meningkatkan supplier management
- Mampu mengurangi biaya operasional(operating cost)
- Dapat mempersingkat waktu produksi
- Selalu Buka
- Manajemen Persediaan Otomatis
- Mempermudah pembayaran karena dapat dilakukan secara online
5 Aplikasi E-Commerce Ini Paling Banyak Diunduh Milenial Tanah Air
1. Shopee
Dengan unduhan lebih dari 50 juta, Shopee menjadi aplikasi belanja online yang paling diminati. Tidak hanya oleh para pengguna Android, pembeli juga berasal dari pengguna iOS. Sementara di pengunjung website, Shoppee berada di peringkat 3 dengan 67 juta pengunjung setiap bulannya.
2. Tokopedia
Sejak didirikan pada 2009, Tokopedia semakin menunjukkan kapasitasnya sebagai e-commerce terbaik. Pasarnya pun tidak lagi di Indonesia, tetapi sudah sampai di ASEAN.
Dengan total unduhan lebih dari 10 juta, Tokopedia mampu meberikan pelayanan yang terbaik dan mendapat respons positif dari para pembelinya. Tidak hanya di unduhan aplikasi, website Tokpedia pun dikunjungi lebih dari 160 juta pengunjung setiap bulannya.
3. Lazada
Lazada menjadi e-commerce yang paling banyak diunduh oleh kaum milenial di Indonesia dengan 100 juta lebih pengunduh. Tetapi pengunjung website-nya berada di peringkat empat dengan 58 juta pengunjung setiap bulannya.
4. Bukalapak
E-commerce yang satu ini mendapat sebanyak 166 juta pengunjung setiap bulannya. Walaupun dengan 10 juta pengunduh, Bukalapak berhasil berada di peringkat 4 sebagai aplikasi e-commerce yang paling diminati oleh milenial Indonesia.
5. JD ID
Dengan total mencapai 5 juta unduhan, JD ID terus merangkak naik. Garansi akan produk asli adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh JD ID untuk terus meyakinkan pembelinya.
E-commerce di Indonesia tidak hanya membantu pembelinya, tetapi juga usaha-usaha yang sedang berkembang. Sekarang, tinggal pilih nih. Jadi pembeli atau pelapak?
Kesimpulan dan penutup
E-commerce karena dengan berbelanja online, manusia tidak lagi harus pergi ke pusat perbelanjaan. Sekarang tinggal mengunjungi situs e-commerce, dan berbelanja segala transaksi selesai dan barang sampai di depan pintu rumah.
Dengan kemudahan yang beragam di E-Commerce ini, anda bisa memulai Bisnis e-commerce karena ini adalah salah satu bisnis yang menjanjikan sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya.
Setelah membaca artikel ini kita sudah mengetahui Pengertian E-Commerce dan Contohnya, Komponen, Jenis, dan Manfaat E-Commerce, semoga anda sudah mengerti dari artikel ini, apabila ada pertanyaan maupun saran anda bisa berkomentar dibawah.
posted by pettowel microfiber 26 Januari 2021
www.microfiber.mipacko.com
Comments
Post a Comment